Cara Mencuci Jersey Agar Tidak Cepat Rusak

Jersey bola biasanya menjadi salah satu benda kesayangan para pecinta sepak bola. Anak-anak muda pasti gemar mengoleksi jersey dari klub yang difavoritkan. Agar jersey kesayangan awet dan tak mudah rusak, mencuci jersey harus dilakukan dengan cara yang benar.

Hasil gambar untuk jersey bola

Kain jersey ini biasanya digunakan untuk bahan seragam sepak bola. Kain jersey adalah jenis tekstil rajutan terbuat dari full katun atau katun dan campuran sintetis. Bahan jersey merupakan kain cotton strech, halus, lebih tebal dari spandek rayon dan tidak berbulu. Kain jersey ini mempunyai sifat lentur, mempunyai sistem sirkulasi udara yang baik, menyerap keringat, ringan dan nyaman

Yuk pelajari tips-tips seputar cara mencuci jersey yang benar :

  • Bacalah terlebih dahulu petunjuk pencucian pada label jersey. Biasanya cara mencuci jersey bola cukup menggunakan air dingin atau air bersuhu hangat saja. Jangan gunakan air yang suhunya terlalu panas, karena hal tersebut dapat merusak sablon pada jersey dan membuat warna jersey cepat memudar.
  • Bila jersey terlanjur terkena noda atau kotoran, sebaiknya bersihkan bagian yang terkena noda sesegera mungkin agar noda tersebut tidak melekat kuat pada jersey. Dengan demikian, Anda jadi tidak kesulitan untuk menghilangkan noda tersebut ketika mencuci jersey.
  • Cucilah dan jemurlah jersey dalam keadaan terbalik (bagian luar jersey di balik ke dalam) agar gambar dan warna pada permukaan jersey tak cepat memudar.
  • Usahakan untuk menjemur jersey pada tempat yang sejuk dan tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sengatan sinar matahari dalam waktu lama akan membuat warna jersey cepat memudar.
  • Cucilah Jersey menggunakan deterjen yang ramah pada pakaian tetapi ampuh hilangkan noda. Jika menggunakan mesin cuci, gunakan putaran sedang saat mencuci dan gunakan deterjen cair khusus mesin cuci  agar jersey tetap bersih bebas dari noda dan tetap terawat dengan baik.

Langkah-langkah Mencuci Jersey :

  • Taburkan deterjen pada setengah ember ukuran sedang
  • Aduk air dalam ember tersebut sampai berbusa

Hasil gambar untuk cara mencuci jersey agar tidak rusak

  • Masukan jersey kedalam ember
  • Rendam selama kurang lebih 2-3 menit (usahakan jangan terlalu lama)

Hasil gambar untuk cara mencuci jersey agar tidak rusak

  • Jersey dicuci dengan cara diangkat dan dicelupin berulang-ulang, jangan dikucek!!

Hasil gambar untuk cara mencuci jersey agar tidak rusak

  • Setelah itu masukan jersey ke dalam ember yang diisi air bersih
  • Angkat dan celupkan secara berulang-ulang sampai deterjen hilang
  • Jangan sekali-kali memeras dengan cara diplintir, cukup diangkat dan biarkan air turun dengan sendirinya
  • Jangan mencuci dengan mesin cuci, jika ingin mencuci dengan mesin cuci cucilah dengan kecepatan sedang.
  • Jemur jersey dengan menggunakan gantungan dan jangan sampai terkena sinar matahari langsung. Cukup di angin-anginkan saja.
    Hasil gambar untuk cara mencuci jersey agar tidak rusak

Menyetrika Jersey

Kain Jersey yang begitu halus sebenarnya tidak perlu untuk disetrika, karena tidak akan berkerut. Menyetrika Jersey dapat menimbulakn hal-hal sebagai berikut :

  1. Font bisa mengelupas, lecet, hilang, dsb.
  2. Tekanan saat menyetrika bisa berbekas pada bahan jersey seandainya.
  3. Jersey bisa cepat berbulu. Biasanya seratnya patah karena temperatur setrika yang panas mengakibatkan serat yang putus muncul ke permukaan kain.
  4. Bila benar-benar mau menyetrika jerseymu, lapisilah dengan kain diatas jerseymu, supaya jersey tidak kontak langsung dengan setrikanya.

Tips Untuk Patch Yang Mulai Lepas :

Hasil gambar untuk patch pada jersey adalah

Untuk Patch yang mulai lepas  pada Jersey cara menyetrikannya dengan membalik jersey, jadi setrika bagian patch dari dalam, bukan dari luar, dengan tingkat panas yang sedang jangan terlalu panas.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X