Cara Menghilangkan Jamur Pada Pakaian, Baju, Dan Kain

Pakaian yang disimpan terlalu lama pada lemari biasanya akan terserang jamur. Noda jamur biasanya menyebabkan pakaian dipenuhi dengan banyak bintik-bintik hitam. Kondisi tersebut akan menjadi lebih parah jika ruangan atau letak lemari dimana pakaian disimpan memiliki kelembaban yang tinggi, jamur tentu akan lebih subur bertumbuh. Apakah Anda mengalami hal ini? Jika noda jamur terus menerus dibiarkan, lama-lama area noda akan semakin luas dan pakaian Anda dapat menjadi rusak.

Nah, Anda tentu tidak menginginkan baju, pakaian, maupun kain simpanan Anda menjadi rusak bukan? Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan jamur pada pakain Anda. Pengetahuan tentang cara menghilangkan noda jamur dan cara menghilangkan bintik hitam akibat jamur tentu akan membantu Anda mengatasi permasalahan ini. Yuk simak bersama artikel cara menghilangkan jamur ini hingga tuntas.

Seperti kita ketahui bersama, noda jamur mengakibatkan pakaian dipenuhi bintik-bintik hitam. Ada yang menyebut bintik hitam pada baju ini sebagai tahi lalat baju. Jika pakain dan baju berwarna hitam mungkin tidak begitu terlihat, namun jika pakaian Anda berwarna putih tentu akan tampak kotor dan tidak menarik. Bintik hitam akibat jamur harus segera diatasi tentunya dengan cara membersihkan noda jamur yang tepat sebelum noda bintik hitam semakin lebar dan merusak serat pakaian Anda. Selain merusak, noda jamur menyebabkan bau tidak sedap, bau apek, dan tentunya dapat mengganggu kesehatan misalnya merangsang timbulnya alergi pernapasan atau gatal-gatal pada kulit sensitif.

Cara Menghilangkan Jamur Pada Pakaian

Ada beberapa cara menghilangkan noda jamur yang patut Anda coba. Cara menghilangkan jamur pada pakaian dapat menggunakan bahan alami untuk memberantas jamur pada pakaian Anda dan tentunya menggunakan cara-cara tradisional yang aman bagi serat baju Anda.

Cara Menghilangkan Noda Jamur Pada Pakaian
Cuka
Anda dapat menggunakan cuka. Cuka dipercaya mampu menghilangkan hingga 80% jamur pada pakaian Anda. Selain itu cuka juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau apek yang ditimbulkan oleh jamur. Cara mencuci pakaian yang berjamur menggunakan cuka ialah sebagai berikut :

Tips Menghliangkan Bintik Hitam Karena Jamur

Cara mencuci pakaian yang terkena jamur menggunakan mesin cuci

  • Masukan pakaian yang berjamur tersebut kedalam mesin cuci, lalu tambahkan beberapa sendok takar deterjen serta air.
  • Tambahkan satu sampai dua sendok makan cuka dan biarkan cuka tersebut tercampur dengan air dan deterjen.
  • Nyalakan mesin cuci, tunggu hingga proses pencucian selesai. Lalu angkat pakaian dan kemudian keringkan dibawah sinar matahari.

Cara mencuci pakaian yang terkena jamur tanpa mesin cuci

  • Anda hanya perlu merendam pakaian yang berjamur tersebut kedalam air yang sudah ditambahkan dengan air cuka dan diamkan selama 60 menit.
  • Cuci dengan deterjen untuk menghilangkan bau cuka dan jamur yang masih tertinggal, setelah itu keringkan dibawah sinar matahari. Setelah kering sempurna, jangan simpan ditempat yang lembab.

Cara Mengatasi Baju BerjamurBorak

Borak merupakan bahan alami untuk memberantas jamur di pakaian Anda. Cara menghliangkan jamur pada pakaian menggunakan borak sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan atau melarutkan bubuk borak ke dalam air panas. Masukan pakaian dengan noda jamur ke dalam mesin cuci, lalu tambahkan campuran air borak, dan beri deterjen secukuplnya. Kemudian nyalakan mesin cuci. Biarkan mesin cuci bekerja melaksanakan tugasnya. Setelah selesai, keringkan pakaian dibawah sinar matahari.

Hasil gambar untuk borak

Gambar terkait

Sitrun (Citric Acid)

Seperti yang Anda ketahui sitrun atau biasa disebut citric acid biasanya digunakan untuk memberikan rasa asam pada makanan. Sitrun dapat Anda gunakan untuk membersihkan jamur pada pakaian dengan cara melarutkannya ke dalam air panas. Jadi cara menghilangkan jamur pada pakaian ialah, siapkan ember atau wadah yang sudah diisi air panas. Lalu campurkan sitrun ke dalamnya. Setelah itu, rendam pakaian Anda yang terkena noda jamur kedalam laruan sitrun selama kurang lebih 10 menit. Jika suhu air sudah menjadi hangat, Anda dapat mengucek pakaian hingga bersih dan terbebas dari noda jamur serta bintik hitam. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dibawah sinar matahari.

Hasil gambar untuk sitrun

Demikian tadi beberapa cara menghilangkan jamur pada pakaian. Sudah tidak bingung lagi tentang cara mencuci pakaian yang terkena noda jamur kan? Yang terpenting ialah setelah pakaian, baju, dan kain-kain Anda tersebebas dari noda jamur, sebaiknya jangan menyimpannya kembali di tempat yang dingin, lembab dan gelap karena jamur sangat menyukai tempat tersebut.

Salah satu cara mencegah jamur bertumbuh pesat ialah dengan sering mengangin-anginkan pakaian yang sudah lama tidak Anda pakai. Sebelum menyimpan pakaian. pastikan pula pakaian sudah dalam keadaan benar-benar kering dan sebaiknya dijemur dibawah sinar matahari langsung. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba.

One Reply to “Cara Menghilangkan Jamur Pada Pakaian, Baju, Dan Kain”

Tips Mencuci Celana dan Rok Seragam | Galeri Konveksi

May 8, 2018 at 4:03 am

[…] Cuci celana dan rok sekolah menggunakan air dengan suhu biasa. Jika pakaian bawahan terkena noda atau kotoran tertentu, baru bunda dapat menggunakan air hangat atau panas untuk menghilangkan nodanya. […]

Reply

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X