Cara Merawat Jaket Parasit Agar Warna Awet dan Tidak Kusut

Jaket parasit merupakan salah satu jenis jaket yang lapisan terluarnya terbuat dari bahan parasut atau orang biasa menyebutnya dengan jaket parasit. Bahan parasut ialah bahan yang mirip dengan bahan yang sering dipakai untuk membuat parasut yang digunakan untuk terjun payung. Namun sayangnya banyak orang ketika mencuci parasut, warna menjadi tidak bagus dan kusut. Oleh karena itu banyak orang yang malas untuk mencuci jaket ini.

Ciri utamanya bahan parasut adalah kain ini sedikit tipis sehingga ringan saat dipakai, walaupun ringan tetapi kekuatannya jangan pernah dianggap remeh, kain ini juga kedap air sebab bahan parasut adalah bahan yang mampu membuat badan menjadi lebih hangat di dalam kondisi cuaca yang dingin, oleh sebab itu banyak orang yang menyukai jenis jaket ini.

Inilah cara merawat jaket yang berbahan dasar dari parasut:

Cara mencuci:

Pertama-tama masukan jaket ke dalam ember, kemudian diaduk-aduk sebentar sehingga seluruh bagian jaket terkena air dan deterjan meresap ke dalam seluruh serat-serat kain. Diamkan selama 15 menit, jangan terlalu lama karena nantinya akan merusak serat dari bahan parasut ini.

Kemudian angkatlah jaket dari rendaman dan dibersihkan dengan menggunakan tangan (dikucek), jika terdapat noda atau kotoran maka gunakanlah sikat yang berbulu halus untuk membersihkannya.  Jika jaket sudah terlihat bersih maka bilaslah dengan air bersih.

Bilas dengan memasukkan jaket ke dalam sebuah ember yang berisi air bersih kemudian diangkat-angkat lalu diperas berkali-kali sehingga tidak ada lagi busa atau buih yang melekat pada jaket. Lalu jaket dijemur di terik matahari

Cara menyetrika:

Seharusnya jaket parasut jangan pernah disetrika karena panas dari setrika akan membuat lapisan parasutnya mengkerut atau kusut. Hal ini akan terjadi jika parasut tidak tahan untuk menahan panas setrika kecuali bahan jaket tersebut adalah parasut yang anti bara.

Selain itu, jika jaket dipaksakan untuk disetrika maka nantinya jaket akan cepat robek. Namun jika Anda tetap ingin menyetrika jaket parasut mala lakukanlah dengan cara membalikkan jaket, sehingga Anda menyetrika bagian dalam dari jaket. Namun tetap dengan catatan bahwa suhu dari setrika Anda tidak terlampau panas.

Cara Penyimpanan:

Jenis jaket parasut sangatlah fleksibel,  sehingga bisa disimpan dengan cara digantung atau dilipat. Setelah dilipat, maka simpanlah di dalam lemari pakaian yang bebas jamur, karena jamur lemari akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Selain itu , jamur lemari lama-kelamaan akan merusak jaket.

Hal yang perlu dicatat dalam merawat jaket parasut adalah:

  • Janganlah terlalu lama merendam jaket ke dalam air yang telah mengandung deterjen karena nantinya ini akan merusak serat parasut
  • Pada proses penjemuran, cepatlah angkat bila jaket parasut sudah kering, sebab bila menjemur terlalu lama akan membuat warna jaket cepat pudar.
  • hindari menyetrika jaket parasut yang berbahan tipis secara langsung atau dengan suhu yang terlampau panas.
  • Janganlah terlalu lama menyimpan jaket parasut yang telah dipakai karena nantinya akan mengundang jamur kain dan jika sudah berjamur, nodanya akan sulit untuk dibersihkan

Semoga artikelnya bermanfaat ya.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X