Tips Menghilangkan Jamur Pakaian

Jamur bisa tumbuh di pakaian akibat disimpan terlalu lama di tempat lembap. Pada dasarnya, jamur adalah jenis flora yang dapat tumbuh dengan leluasa di daerah yang lembap, kedap udara, atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.

Jika ditumbuhi jamur, apakah pakaian sudah tidak bisa digunakan lagi? Tentu saja bisa. Tapi dengan catatan, jamur yang menempel harus dibersihkan terlebih dahulu agar Anda tak mengalami gangguan kesehatan.

Untuk membersihkan jamur yang menempel di pakaian, ini cara yang bisa Anda lakukan:

Sikat bagian yang terkena jamur

Sikatlah bagian pakaian yang berjamur dengan sikat gigi yang dioleskan cairan penghilang noda, cuka, boraks, atau hidrogen peroksida. Saat proses penyikatan, pastikan Anda melakukannya dengan lembut dan perlahan. Tujuannya untuk mencegah kerusakan pada pakaian.

Kucek dan bilas pakaian dengan air panas

Setelah disikat, kucek dan bilaslah pakaian Anda menggunakan air panas atau air hangat. Namun sebelum melakukannya, periksa label pakaian dan pastikan bahwa pakaian tersebut aman untuk berkontak air panas/ hangat.

Jika label pakaian tidak menyarankan Anda untuk melakukannya, sebaiknya gunakan air biasa sebagai alternatifnya.

Jemur di bawah sinar matahari

Setelah melewati dua proses di atas, jemurlah pakaian di bawah sinar matahari. Sekali lagi, baca label pakaian terlebih dahulu sebelum melakukan ini. Sebab beberapa material pakaian tidak baik untuk dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Dengan cara di atas, diharapkan jamur di pakaian dapat segera disingkirkan. Anda pun dapat kembali menggunakan pakaian kesayangan tanpa harus khawatir akan risiko gangguan kesehatan.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X