Tips Merawat Kaos Hitam

Tidak berbedan dengan kaos putih, kaos berwarna hitam pun perlu diperhatikan pada bagian-bagian tertentu, jika Kita tidak pandai merawat kaos hitam, kaos Kita nantinya akan terlihat kusam. Sablon kaos hits yang dibeli dari vendor distro pun bisa juga luntur jika Kita tidak pandai merawatnya.

Nah di bawah ini adalah tips mencuci kaos hitam. Ada beberapa hal yang perlu Kita ketahui perihal proses mencuci.

Memisahkan Cucian

Pisahkan kaos hitam Kita dengan warna kaos lain yang lebih kuat karakter warnanya seperti merah, hijau, ungu, biru dan sebagainya agar warna hitam tidak luntur dan keaslian warna hitam kaosnya tetap terjaga. Tidak menutup kemungkinan serat kain warna hitam pada kaos akan luntur saat dicuci bersama-sama dalam sebuah wadah.

Begitu juga sebaliknya, kaos warna lain seperti warna-warna cerah juga serat kainnya dapat melunturkan pada kaos hitam kita. Saat mencuci, dianjurkan untuk Kita agar memisahkan antara kaos berwarna hitam dengan kaos berwarna lainnya.

Membalikkan Kaos

Sebelum Kita mencuci kaos hitam, ada baiknya jika Kita membalikkan terlebih dahulu bagian dalamnya, sehingga bagian dalam di luar dan bagian luar kaos berada di dalam. Hal ini bertujuan untuk melindungi bagian luar kaos agar tidak pudar warnanya.

Selain melindungi warna agar tidak pudar, membalikkan kaos ini juga berfungsi untuk melindungi desain sablon pada kaos hitam yang dibeli dari vendor distro agar tidak rusak saat dicuci.

Tidak Merendamnya Terlalu Lama

Merendam kaos terlalu lama hanya akan berakibat buruk pada kaos Kita. Sebaiknya kaos hitam yang masih baru hanya direndam kurang dari 30 menit dan untuk kaos hitam yang sudah cukup lama, rendamlah selama tidak lebih dari 1 jam.

Tidak Memberikan Detergen Berlebihan

Jangan pernah mencuci kaos hitam dengan penggunaan detergen yang berlebih. Penggunaan detergen yang berlebihan dapat mempercepat mengelupasnya sablon pada kaos Kita. Tidak mau kan sablon kece yang dibeli dari vendor distro ter-ngehits kita jadi mengelupas?

Tidak Menyikatnya

Kaos hitam yang berbahan cotton memiliki tekstur kain yang lebih lembut. Jangan sampai Kita menyikatnya karena menyikat kaos dapat merusak tekstur kain pada kaos Kita. Hindari juga perasan dan kucekan yang sangat kuat karena itu akan merusak pori-pori pada kaos, kucekan dan perasan yang kuat ini juga dapat merusak sablon pada kaos.

Tidak Menjemurnya Secara Digantung

Jangan jemur kaos hitam Kita dengan menggantungnya di hanger. Kaos hitam yang digantung di hanger akan membuat molor kaos hitam pada bagian leher. Molornya kaos hitam Kita diakibatkan karena kaos tidak kuat untuk menahan beratnya beban air pada kaos yang basah.

Jangan menggantung kaos pada tali atau kawat jemuran, karena tali jemuran atau kawat dapat merusak dengan mudah tekstur kain pada kaos Kita yang halus. Kita bisa menjemur kaos hitam Kita dengan posisi tidak tergantung di hanger.

Dijemur Posisi Terbalik

Menjemur kaos hitam saat sinar matahari sedang panas-panasnya dapat mengakibatkan warna kaos hitam dan sablon Kita memudar. Untuk mencegahnya jemur kaos Kita dengan posisi terbalik. Bagian kaos yang dalam dibalik menghadap luar, dan bagian kaos yang bersablon di dalam.

Menghindari Penggunaan Pemutih

Hindari mencuci kaos hitam bersablon dengan pemutih atau detergen yang mengandung pemutih. Banyak saat ini detergen yang sudah satu paket dengan pemutih, hati-hati dalam memilih detergen! Jangan sampai kaos hitam Kita dicuci dengan detergen yang mengandung unsur pemutih di dalamnya.

Hal ini karena reaksi kimia pemutih dapat membuat kaos lebih cepat tipis dan kasar. Di samping itu detergen yang dicampur pemutih menjadikan sablon cepat luntur dan terkelupas. Tapi jika sablon kaos Kita dibeli dari vendor yang berkualitas, mungkin saja sablon kita tidak luntur.

Jika Ada Noda Segera Dicuci dan Jangan Ditunda-Tunda

Jika kaos hitam kesayangan Kita terkena noda, usahakan untuk menyegerakan dicuci pada bagian yang bernoda. Gunakan shampoo atau detergen untuk mencuci, oleskan pada bagian noda.

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X