Tips Merawat Baju Koko

Orang islam umumnya baju koko sangat penting dalam hal acra-acara keagamaan. Pada acra pengajian khususnya laki-laki baju koko banyak digunakan dalam kegiatan tersebut. Agar baju koko selalu terawat di sini kami konveksi di jogja akan menjelaskan bagaimana cara merawat baju koko agar tetap awet .

BAJU KOKO

Cara merawat baju koko agar tetap awet :

  1. Jangan terlalu sering dicuci

Maksutnya jika kita baru sekali memakai dan baju tidak terlihat kotor dan bau sebaiknya baju tidaak di cuci dulu agar serat tidak rusak dan merusak warna pakaian. Jemur baju koko di bawah sinar matahari selama 2-3 jam, agar kuman pada baju hilang. Namun, juga jangan menjemur baju terlalu lama, karena aka membuat warna baju pudar dan baju menjadi kaku.

  1. Pisahkan warna baju sebelum mencuci

Jika anda akan mencuci baju, sebaiknya pisahkan baju koko yang berwarna dengan baju koko putih. Hal ini perlu dilakukan karena baju yang berwarna mudah luntur dan dapat mengenai baju koko putih anda. Cara terbaik adalah mencuci baju koko berwarna putih dulu lalu mencuci  baju koko berwarna.

  1. Jangan mencuci dengan air panas

Mencuci baju menggunakan air panas dapat membuat serat baju koko rusak dan baju koko anda dapat mengkerut. Selain itu jika anda mencuci baju dengan air panas baju koko anda cepat rusak di banding dengan mencuci menggnakan air dingin. Jika anda mencuci dengan air dingin anda juga menghemat energy dan baju anda tetap terlihat seperti baru.

  1. Hindari menyikat baju

Jika anda menyayangi baju anda, sebaiknya anda tidak menyikat baju anda saat mencuci. Sikat pakaian dapat merusak serat baju, apalagi saat baju anda mengalami sobek kecil lalu anda menyikatnya itu akan membuat baju anda sobek semakin lebar. Karena tidak semua baju berbahan tebal dan berserat besar, baju koko kebanyakan memiliki serat yang halus dan kecil sehingga sangat sensitive.

  1. Gunakan pemutih ramah lingkungan

Baju erwarna yang kotor jika di beri pemutih yang berbaha keras maka warna pakaian akan luntur, tidak terkecuali dengan baju koko. Gunakan pemutih yang ramah lingkungan dan tidak merusak warna pakaian agar baju anda tetap terjaga warnanya.

  1. Merawat baju koko berbahan lembut

Untuk baju koko dengan serat kecil dan halus sebaiknya jangan mencucinya dengan mesin cuci jika anda tidak ingin baju koko anda rusak. Cuci secara manual dan perlahan agar serat pada pakaian tetap terjaga dan tidak mudah sobek.

  1. Kerikeringkan secara alami

Pengering dapat merusak tekstur pakaian, jika anda menyayangi pakaian anda sebaiknya jemur pakaian anad di bawah sinar matahari secara langsung. Waktu penjemuran paling lama 3 jam dalam kondisi matahari terik, agar baju tidak kaku.

  1. Simpan baju dengan baik

Simpan baju koko di dalam almari yang dapat menghindarkan baju koko anda dari debu, hewan pemakan baju dan benda-benda yang berpotensi merusak pakaian anda. Letakkan almari pada tempat yang sejuk dan jangan menaruh pada tempat lembab untuk menghindari jamur dan perubahan warna karna cuaca. Anda juga bisa menambahkan pengharum pakaian untuk menghilangkan baju dari bau apek karna terlalu lama disimpan.

Demikian penjelasan tips merawat baju koko agar awet, SEMOGA BERMANFAAT!!!

GALERI KONVEKSI – Konveksi Jogja | Seragam Sekolah di Jogja | Seragam Kerja di Jogja | Seragam Olahraga di Jogja Kami siap membuat seragam sekolah sampai dengan tingkat kemeja kerja, seragam team dan sebagainya. Harga kami cukup murah dan kualitas terjamin bisa bersaing dengan konveksi-konveksi di tempat lain. Lakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di WA : 089665868332 | Pin BB : D542DC55

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X