Macam-Macam Jenis Bahan Kain Sarung

KAIN SARUNG

SARUNG

Dalam kehidupan sehari-hari umat muslim khususnya diwajibkan beribadah sholat 5 waktu, Setiap melakukan sholat untuk menutupi aurat bagi kaum laki-laki sarung berperan sangat penting. Agar sarung bisa awet kita bisa memilih bahan sarung yang berkualitas.

Di sini kami akan menjelaskan macam-macam kain sarung:

1. Katun

Katun merupakan bahan kain yang paling favorit dan bisa diaplikasikan untuk banyak kebutuhan, seperti baju dan sprei kasur. Tak heran hingga pembuatan sarung pun mengandalkan jenis kain ini. Kain katun diminati banyak orang karena memiliki karakteristik yang menguntungkan seperti tekstur kain yang lembut namun kuat juga tidak mudah kisut (mengecil) jika dicuci. Aplikasi terhadap jenis kain ini pun bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Kain katun memiliki beberapa keunggulan seperti adem ketika digunakan, mudah menyerakeringat, namun tidak “tembus pandang”. Hal inilah yang membuat kain katung begitu diandalkan ketika digunakan untuk membuat sarung. Sedangkan kekurangannya terletak pada jenis katun tertentu yang bisa menciut ketika dicuci pertama kali, mudah kusut, hingga rusak ketika penyimpanannya tidak di tempat kering.

2. Poliester

Kita mungkin tidak jarang mendengar jenis kain yang satu ini. Poliester juga dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan pakaian dan fashion. Poliester atau “kain sintetis” ini didapatkan dari bahan minyak bumi (petroleum).  Beberapa produsen sarung menggunakan opsi kain poliester untuk memproduksi sarung mereka dengan pertimbangan beberapa keunggulan dari tipe kain ini. Poliester dikenal sebagai bahan kain yang lebih tahan lama dan tida mudah kusut. Bahan ini juga cepat kering ketika dijemur setelah dicuci. Karena materi dan pembentukannya melalui serangkaian tahapan non alami, bahan ini lebih tahan terhadap bakteri dan jamur, sehingga perawatannya relatif lebih mudah. Sayangnya, keunggulan dari kain poliester ini harus dibarengi dengan beberapa sifatnya yang menjadi kelemahan kain poliester itu sendiri, seperti ketidakmampuan serat untuk menyerap keringat sebaik serat kain katun, potensi iritasi kulit bagi beberapa orang, hingga mudah terbakar.

3. Sutera

Sutera selalu digadang-gadang sebagai bahan terbaik untuk membuat pakaian dan berbagai kebutuhan fashion. Tidak perlu diragukan lagi, bahan sutera selalu dikenal sebagai bahan yang lembut, mewah, serta selalu identik dengan harga mahal. Hal ini tidak aneh mengingat proses mendapatkan benang sutera pun tidak mudah. Sutera didapatkan dari serat kepompong dari larva ulat. Jika berbicara alasan mengapa beberapa sarung dibuat dari bahan ini, Anda perlu mengetahui kelebihan dari kain sutera itu sendiri. Mulai dari kelembutan kainnya yang tentu menjamin penggunaannya, daya serap airnya cukup tinggi (sehingga nyaman digunakan, adem), dan tampak mewah karena sifat dari kain ini sendiri yaitu memantulkan cahaya. Sayangnya, kain sutera tidak bisa diproduksi secara besar-besaran dan dikenal sebagai kain mahal. Selain itu perawatannya juga relatif sulit dan membutuhkan ketelatenan tinggi agar kain tetap awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu panjang.

Itu tadi beberapa kain yang umum digunakan sebagai kain pembentuk sarung. Masing-masing kain tentunya memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri-sendiri. Penggunaan sarung dari bahan yang berbeda ini sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tertentu. Misalnya sarung katun atau poliester untuk penggunaan harian dan sarung sutera untuk fashion acara resmi.

Demikian artikel ini,,, SEMOGA BERMANFAAT!!

GALERI KONVEKSI – Konveksi  Jogja | Seragam Sekolah di Jogja | Seragam Kerja di Jogja | Seragam Olahraga di Jogja Kami siap membuat seragam sekolah sampai dengan tingkat kemeja kerja, seragam team dan sebagainya. Harga kami cukup murah dan kualitas terjamin bisa bersaing dengan konveksi-konveksi di tempat lain. Lakukan pemesanan KLIK DISINI. Hubungi kami di WA : 089665868332 | Pin BB : D542DC55

Post Your Comment Here

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X